Senin, 12 Februari 2018

Kebun Buah Mangunan Jogjakarta

Tempat Wisata ALam di Jogja Kebun Buah Mangunan Tempat Wisata ALam di Jogja Kebun Buah Mangunan 3
Sekilas sebutan Negeri Atas Awan Bantul mungkin terlalu berlebihan, namun jika kita datang langsung di Kebun Buah Mangunan Bantul kita baru percaya bahwa tempat wisata alam di Jogja ini benar-benar seperti negeri di atas awan. Berada di ketinggian 200 Mdpl, tempat ini menawarkan udara pegunungan yang sejuk ditengah panorama alam yang mempesona.

Tempat Wisata ALam di Jogja Kebun Buah Mangunan 1

Kebun Buah Mangunan berada di Desa Mangunan – Kecamatan Dlingo – Kabupaten Bantul, sekitar 15 km dari Kota Bantul atau sekitar 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Terletak di area hutan alami seluas 23,34 Ha, kebun buah ini merupakan pusat agrowisata dimana pengunjung dapat menyaksikan pemandangan alam nan elok, sembari memanjakan diri dengan menikmati buah-buahan segar. Salah satu tempat wisata alam di Jogja ini dibangun oleh Pemkab Bantul dan diresmikan pada tahun 2003 silam.

Tempat Wisata Kebun Buah Mangunan Sarat Edukasi

Dari ketinggian Kebun Buah Mangunan, terlihat suasana bagian Barat Kota Bantul serta bagian Selatan Pantai Parangtritis. Masih dilokasi yang sama kita juga bisa menyaksikan aliran Sungai Oya yang terlihat sangat curam. Sama seperti tempat wisata alam Tlogo Putri Kaliurang, di Kebun Buah Mangunan ini juga masih banyak populasi monyet. Hal ini semakin memperkuat nuansa alami tempat wisata yang mengagumkan.

Tempat Wisata ALam di Jogja Kebun Buah Mangunan 2

Bisa dibilang Kebun Buah Mangunan adalah tempat wisata sarat edukasi. Karena berupa tempat agrowisata, maka pengunjung dapat mempelajari berbagai macam bentuk tumbuhan dan buah mulai dari pembibitan, cara tanam, dan sebagainya. Pengunjung juga bisa mengamati berbagai pohon buah yang ditata apik sesuai kemiringan Bukit Mangunan.

Berbagai jenis pohon buah ditaman disini, diantaranya: Durian, Mangga, Sawo, Jeruk, Rambutan, Manggis, Duku, dan Jambu Air. Disamping itu ada juga jenis pohon buah yang jumlahnya tidak begitu banyak seperti Kelengkeng, Jambu Biji, Matoa, Belimbing, dan Cempedak. Untuk menambah nuansa alami ditanam juga pohon Jati, King Grass, dan beberapa pohon pagar hidup seperti Magium dan Pinus.

Aktivitas di Taman Buah Mangunan Jogja

Di Kebun Buah Mangunan Bantul ini kita bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti outbond, memancing, berkemah, berenang, olahraga sepeda gunung, dan menguji adrenalin lewat Jembatan Gantung. Untuk kegiatan outbond meliputi flying fox, reflying, dan jembatan goyang. Jika membutuhkan kegiatan indoor juga tersedia gedung berkapasitas hingga 50 orang.

Tempat Wisata ALam di Jogja Kebun Buah Mangunan 3

Kebun Buah Mangunan juga merupakan lokasi yang tepat untuk berkemah atau camping. Untuk kegiatan ini dikenakan biaya tambahan (diluar biaya tiket masuk) sebesar Rp. 5 ribu/orang. Bagi yang membawa anak-anak juga tersedia 2 buah kolam renang untuk anak dengan tarif Rp. 5 ribu. Juga disediakan bebek kayuh dengan kapasitas maksimal 2 orang saja.

Disini juga disediakan lintasan downhill sepanjang 2,3 km khusus bagi yang punya hobi olahraga sepeda gunung. Untuk kelas cross country tersedia lintasan sepanjang 3,8 km. Harga sewa untuk lintasan downhill maupun cross country Rp. 50 ribu maksimal 5 orang.

Harga Tiket Masuk dan Penginapan di Kebun Buah Mangunan Jogja

Harga tiket masuk Kebun Buah Mangunan Rp. 10 ribu per-orang. Di lokasi wisata ini tidak banyak penginapan atau hotel. Saat ini hanya ada satu penginapan dengan tarif Rp. 300 ribu per-malam. Jika ingin lebih berhemat sebaiknya mencari hotel di Kota Bantul, selain lebih murah pilihannya juga lebih banyak.

Dilihat dari keindahan alam yang ditawarkan juga fasilitas yang disediakan, Kebun Buah Mangunan termasuk tempat wisata alam di Jogja yang cukup komplit. Satu keputusan yang tepat jika liburan yang akan datang Anda menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar